Pedro Ucapkan Selamat Tinggal pada Barcelona

TBILISI, GEORGIA - AUGUST 11:  Pedro of Barcelona  kisses the UEFA Cup trophy as Barcelona celebrate victoy during the UEFA Super Cup between Barcelona and Sevilla FC at Dinamo Arena on August 11, 2015 in Tbilisi, Georgia.  (Photo by Chris Brunskill/Getty Images)

Terungkap sudah teka – teki masa depan winger Barcelona, Pedro Rodriguez. Sempat dikaitkan dengan Manchester United, Pedro dengan mantap memilih Chelsea sebagai tempat melanjutkan karier. Sangat panjang perjalanan Pedro Rodriguez bersama Barcelona. Setelah 10 tahun dan 20 trofi akhirnya pemain berusia 28 tahun itu mengucapkan selamat tinggal kepada klub yang telah membesarkan namanya.

Pedro memulai jalan hidupnya sebagai pesepakbola bersama CD San Isidro, sebuah klub lokal di tempat kelahirannya di Tenerife. Sekitar tahun 2005, ketika usianya 17 tahun, dia baru bergabung dengan Barcelona C.

Ia harus menunggu sampai Januari 2008 untuk melakoni debut bersama tim utama. Ketika itu, Pedro sudah mengenyam pengalaman bersama Tim C dan Tim B dari Barcelona.

Kendati sudah bermain di tim utama selama dua musim berurutan, dari 2007/2008 hingga 2008/2009, baru pada 2009/2010 ia benar-benar menjadi pemain reguler La Baulgrana. Dan pada musim itu, penampilan Pedro sangat impresif.

Dari 52 kali bermain di semua kompetisi, Pedro sukses mencetak 23 gol. Ia turut membantu Barca menjuarai La Liga, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Khusus untuk Piala Super Eropa musim itu, Pedro jadi penentu lewat gol tunggalnya ke gawang Shakhtar Donetsk.

Sepuluh tahun bukanlah waktu yang singkat. Kendati banyak pemain bintang datang dalam beberapa musim terakhir, Pedro memilih untuk tetap bertahan. Meskipun itu artinya dia harus menepi ke bangku cadangan.

Meski tidak menjadi pemain utama, Pedro tidak terlupakan. Tentunya Publik masih ingat ketika Barca frustasi untuk mencetak gol di pergelaran Piala Super Eropa musim ini, pelatih Luis Enrique langsung memainkannya. Hasilnya, Pedro kembali jadi penentu. Barca pun sukses mengalahkan Sevilla 5-4 pada waktu babak tambahan dan tampil sebagai juara.

Trofi Piala Super Eropa edisi 2015 pun menjadi trofi terakhir yang dipersembahkan Pedro untuk Barcelona. Kini, dia telah pindah ke Chelsea dan mengaku bertekad mengejar trofi-trofi lainnya bersama klub anyarnya itu.

“Terima kasih semuanya! Terutama untuk Barcelona yang telah membawa saya ke level ini sampai bergabung dengan Chelsea,” ujar Pedro seperti dilansir Marca.